D'OLEAHOMEDRESS

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

CARA MERAWAT PAKAIAN BERPAYET

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Ketika menghadiri undangan pernikahan atau acara semacamnya, tentu kita sebagai kaum hawa menginginkan penampilan yang terlihat mewah dan elegan. Salah satu pakaian yang sering digunakan adalah pakaian yang memiliki hiasan payet.


Kamu pasti memiliki beberapa pakaian berpayet kan? Hm namun bagaimana nih cara kamu dalam merawatnya? Apakah sudah benar?


Pakaian berpayet memiliki cara tersendiri untuk perawatannya agar tetap awet dan terlihat elagan. Dibawah ini beberapa tips singkat yang bermanfaat dalam menjaga pakaian berpayet milikmu.


Tips Merawat Pakaian Berpayet

1. Hindari mesin cuci

Mencuci dengan mesin cuci merupakan salah satu hal yang harus kamu hindari ketika merawat pakaian berpayet. Biasanya pakaian berpayet yang dicuci di mesin cuci akan berputar dan akhrinya menjadi kusut di dalam air. Hal ini dapat merusak bahan sekaligus payet yang menempel pada pakaianmu. Sebaiknya jika mencuci pakaian berpayet, kamu cukup mencucuinya secara manual dengan cara merendamnya kedalam air deterjen dan mencelupnya beberapa kali.


2. Jangan menyikat dan mengucaknya

Hindari menyikat ataupun mengucaknya, karena dapat merusak serat kain dan mampu merontokkan payet yang menempel. Jika terdapat noda pada pakaian berpayet milikmu, maka kamu bisa memberikan deterjen cair ke bagian yang terdapat noda. Setelah itu diamkan beberapa menit, lalu gosok halus dengan jari kemudian bilas dengan air bersih.


3. Hindari diperas atau mengeringkan di mesin cuci

Jika sudah selesai mencuci dan membilas, hindari memeras pakaian berpayet mu yaa. Selain itu kamu juga harus menghindari pengering di mesin cuci karena payet pada pakaianmu akan lepas sehingga dapat merusak serat kain. Sebaiknya untuk menjemur pakaian berpayet, kamu cukup menggantungnya dan biar kan sisa airnya menetes. Saat menjemurnya kamu bisa menghindari terik matahari langsung, cukup menjemurnya di tempat teduh dengan bantuan angin.


4. Simpan dengan cara digantung

Jika pakaian berpayetmu sudah selesai dijemur, kamu bisa menyimpannya dengan cara digantung agar tidak kusut. Pakaian berpayet tidak perlu disetrika untuk menghindari payetnya terlepas. Biasanya pakaian berpayet jarang digunakan sehari-hari. Tetapi jika kamu rasa sudah cukup lama menyimpannya, kamu bisa mengeluarkannya dari lemari sesekali. 

Cara ini dilakukan untuk menghindari bau yang kurang sedap.


Pakaian berpayet memang mempunyai cara tersendiri untuk perawatannya. Namun jika kamu mampu merawat dengan baik, maka pakaian berpayetmu akan semakin awet walaupun sudah lama.


Nah itu dia beberapa tips yang bisa menjaga pakaian berpayetmu tetap terlihat cantik dan awet ketika digunakan.


Semoga bermanfaat yaaa Sister Muslimah