D'OLEAHOMEDRESS

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

CARA MENGHILANGKAN NODA HITAM DAN JAMUR PADA MUKENAMU

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Menggunakan mukena ketika beribadah menjadi salah satu kebiasaan muslimah di Indonesia. Dalam sehari biasanya muslimah menggunakan mukena 5 kali atau lebih.


Karena sering digunakan, sudah sewajarnya mukena dirawat dengan baik. Jika merawatnya secara sembarangan, maka akan timbul noda hitam ataupun jamur pada mukena.


Namun apabila mukena yang kamu gunakan sudah berjamur terdapat noda hitam, aku punya sedikit tips menghilangkan nya. Dengan bahan sederhana dan cara yang mudah, coba disimak tips singkatnya yaa..


Tips Menghilangkan Noda Hitam dan Jamur Pada Mukena

1. Mencuci dengan cuka

Cuka merupakan bahan yang cukup mudah dijumpai. Dalam cuka terkandung asam asetat yang tinggi, nah kandungan ini dapat menghilangkan noda hitam dan jamur pada mukena. Kamu hanya perlu mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Lalu tuangkan pada bagian yang terdapat jamur, dan sikat perlahan menggunakan sikat yang kecil seperti sikat gigi.


2. Mencuci dengan pemutih pakaian

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pemutih. Cara ini bisa kamu lakukan hanya untuk mukena yang berwarna putih saja yaa sisters. Pertama kamu bisa merendam baju dengan air dan pemutih pakaian selama 30 menit dengan perbandingan 1:30. Lalu cuci mukena dengan detergen setelah itu bilas dengan air bersih. Terakhir, jemur mukena ditempat teduh yang agak berangin.


3. Mencuci dengan jeruk nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan asam yang bisa menghilangkan noda hitam dan jamur pada mukena. Caranya adalah dengan merendam mukena di air campuran jeruk nipis selama satu hari. Atau kamu juga bisa sikat bagian noda hitam atau jamur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu cuci mukena dengan detergen dan gosok perlahan dengan tangan kemudian bilas.


4. Mencuci dengan asam sitrat

Asam sitrat mampu membersihkan noda hitam dan jamur pada mukena. Caranya cukup mencampurkan asam sitrat dengan air, lalu rendam mukena selama satu jam. Kemudian pada bagian noda hitam dan jamur beri detergen dan sikat perlahan. Setelah itu bilas dengan air hangat dan dilanjutkan bilas dengan air dingin.


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda hitam dan jamur pada mukena. Jika noda hitam dan jamur pada mukena sudah hilang, kamu bisa merawat mukena dengan baik supaya tetap terlihat bersih dan nyaman dipakai ketika beribadah.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah