D'OLEAHOMEDRESS

Minggu / Tanggal Merah: Libur, Sabtu: 08:00 s/d 16:00, Senin - Jum'at: 08:00 s/d 17:00

CARA MENGATUR KEUANGAN MENURUT ISLAM

Assalamualaikum Sisters Muslimah✨


Dalam Islam, segala aspek kehidupan sudah diatur dengan sebaik mungkin. Termasuk juga tentang aturan keuangan. Agar keuangan yang kamu miliki dapat bermanfaat untuk diri sendiri serta sekitar, maka kamu harus bisa mengaturnya dengan baik.


Dalam mengatur keuangan, menabung bisa menjadi solusi untuk berjaga-jaga jika ada keperluan yang mendesak sehingga bisa langsung digunakan tanpa harus berhutang. Mengatur keuangan bisa dilakukan dengan mudah jika sudah terbiasa melakukannya.


Namun bagaimana jika sebelumnya kamu tidak bisa mengatur keuanganmu? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu..


1. Cari pekerjaan yang halal

Untuk menabung, kamu harus mencari pekerjaan yang halal. Karena pekerjaan yang halal lebih baik jika dibandingkan dengan pekerjaan yang haram. Uang yang dihasilkan dari pekerjaan yang halal memiliki banyak keberkahan dan dirahmati oleh Allah SWT sehingga bisa di tabung dan di simpan untuk jangka waktu yang lama. Sedangkan jika kamu mendapatkan uang haram, maka uang tersebut tidak akan memiliki keberkahan dan sulit di simpan untuk jangka waktu yang lama sehingga cepat habis.


2. Perbanyak sedekah dan menabung

Sedekah itu memberikan sedikit harta yang kamu miliki kepada orang yang membutuhkan. Tapi kamu jangan khawatir kalau sedekah akan mengurangi penghasilanmu yaa. Justru dengan sedekah rezekimu akan semakin bertambah. Dengan sedekah Allah SWT akan membukakan pintu rezeki dengan selebar-lebarnya kepada orang yang selalu bersedekah hanya mengharap kepada Allah SWT. Jadi utamakan sedekah yaa sist.

Selain bersedekah, kamu juga harus menerapkan sikap hemat yaa. Karena berhemat merupakan salah satu cara untuk sukses dalam mengatur keuangan. Orang yang pandai berhemat, maka dia pandai mengelola dengan baik keuangannya.


3. Membelanjakan uang dengan sederhana

Agar uangmu tidak cepat habis, sebaiknya kamu membelanjakannya secara sederhana. Belilah sesuai kebutuhan dibandingkan dengan keinginan. Hindari terlalu sering jajan dan menghambur-hamburkan uang untuk kegiatan yang tidak bermanfaat yaa.


4. Hindari berhutang

Saat menghadapi keadaan darurat dan tidak mempunyai tabungan uang, maka berhutang bisa menjadi salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk menutupi kebutuhan darurat tersebut. Dalam Islam sangat tidak dianjurkan untuk berhutang kepada orang lain jika tidak dalam keadaan yang benar-benar mendesak. Namun jika sangat terpaksa berhutang, maka orang yang berhutang tersebut berkewajiban untuk mengembalikan 100% uang yang dipinjamnya.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang artinya, “Barangsiapa hutang uang kepada orang lain dan berniat akan mengembalikannya, maka Allah akan luluskan niatnya itu; tetapi barangsiapa mengambilnya dengan niat akan membinasakan (tidak membayar), maka Allah akan merusakkan dia.” (HR. Bukhari) 5. Hindari boros


5. Hindari boros

Boros merupakan sikap yang tidak dianjurkan dalam mengatur keuangan, karena boros bukan sikap yang mengarah pada kebaikan. Orang yang sering boros maka termasuk kedalam orang yang merugi.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al Furqan ayat 67, yang artinya, “Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar,”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa mereka yang tidak berlebihan dimaksudkan kepada mereka orang-orang yang tidak boros, dan mereka itulah yang termasuk hamba Allah.


6. Buatlah skala prioritas

Jika ingin membeli sesuatu, alangkah lebih baik jika kamu membeli segala kebutuhan sesuai dengan kadarnya tidak kurang dan tidak lebih. Hindari membeli seseuatu yang kurang diperlukan. Jika barang yang kamu miliki masih bisa berfungsi dengan baik, maka kamu bisa menggunakannya sampai rusak baru kemudian menggantinya dengan yang baru.


Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan sesuai dengan anjuran Islam.


Semoga bermanfaat yaa Sisters Muslimah